Bisa Dibuat dengan Cepat, Yuk Simak Resep Masakan Ayam Goreng Bumbu Kuning

bumbu ayam goreng kuning enak

Ayam goreng dengan bumbu dasar bumbu kuning merupakan salah satu menu yang paling digemari karena rasanya yang khas. Selain rasanya yang lezat, membuat masakan ini juga mudah. Bahkan masakan ini juga bisa disimpan dalam waktu yang lama jika, dibekukan di dalam pendingin. Daripada penasaran, yuk simak resep bumbu ayam goreng kuning berikut ini.

Cara Mudah Membuat Ayam Goreng Dengan Bumbu Dasar Kuning

1. Menyiapkan Bahan Utama

Untuk membuat lauk yang lezat ini, anda perlu menyiapkan bahan bahannya terlebih dahulu. Bahan terpenting yang harus anda persiapkan yaitu ayam. Disini anda bisa menggunakan ayam sesuai selera, baik ayam kampung, probiotik atau ayam negeri. Setelah itu, siapkan juga bahan yang lainnya seperti air, daun serai, daun salam dan juga bumbu perasa.

bumbu ayam goreng kuning Resep Ayam Goreng Bumbu Kuning

2. Menyiapkan Bumbu Halusnya

Setelah menyiapkan bahan utama, anda pun perlu membuat bumbu halusnya. Sebagai saran agar tidak repot, maka sebaiknya anda menghaluskan bumbu dengan food processor. Bumbu yang digunakan untuk membuat masakan ini yaitu bawang merah, bawang putih, dan kunyit. Tidak berhenti sampai disitu saja, anda juga bisa menambahkan gula jawa, garam dan lada bubuk.

3. Cara Memasak

Usai menyiapkan bumbu halus, maka anda bisa langsung mulai memasaknya. Tahapannya mulai dari memotong ayam sesuai selera dan meletakkannya di dalam wadah bersih. Jika sudah, masukkan bumbu halus, daun jeruk, serai, daun salam ke dalam wadah yang berisikan ayam tadi. Kemudian, tuangkan air ke dalamnya hingga menutupi permukaan ayam di wadah.

bumbu ayam goreng kuning

Jika anda menggunakan bahan utama ayam kampung, maka air yang dibutuhkan jauh lebih banyak dari pada ayam jenis lainnya. Pasalnya, ayam kampung memiliki tekstur yang cenderung keras, sehingga memerlukan waktu lebih lama untuk mematangkannya. Tetapi jika anda menggunakan ayam negeri atau probiotik, akan lebih baik air yang digunakan setengah saja.

Setelah menuangkan air yang cukup kedalam ayam, anda hanya perlu menunggu hingga daging ayam lunak dan kuahnya habis. Hal ini bertujuan untuk membuat bumbu kuning tersebut meresap ke dalam ayam, sehingga rasanya lebih enak. Memasak dengan teknik ini akan membuat ayam lebih lezat dan awet jika disimpan di lemari pendingin, seperti kulkas.

4. Cara Menghidangkannya

Cara memasaknya dengan teknik merebus hingga kuah meresap ke dalam ayam membuat menu ini bisa tahan lebih lama dari yang anda duga. Pasalnya, ayam yang dimasak tersebut sudah melalui proses pemanasan yang cukup lama. Dengan begitu, anda dapat menyimpan ayam berbumbu kuning tersebut di dalam lemari es agar lebih awet.

Jika sudah melalui proses perebusan yang cukup panjang, maka langkah selanjutnya adalah menggoreng ayam tersebut. Anda bisa langsung menggorengnya di minyak panas atau memasukkannya dulu ke dalam adonan telur. Hal tersebut bisa dijadikan pilihan agar rasa dan tekstur dari ayam tersebut lebih beragam.

Cara menggorengnya pun cukup mudah, anda hanya perlu menyiapkan minyak panas dan kemudian memasukkannya ke dalam wajan. Sebaiknya, anda menggunakan minyak yang banyak agar tekstur dari resep bumbu ayam goreng kuning lebih renyah dan tidak keras. Goreng hingga kuning kecokelatan, angkat, dan sajikan bersama nasi hangat atau sambal.

Itulah beberapa tahapan yang harus anda lakukan sebelum menyantap hidangan ayam goreng bumbu kuning. Prosesnya pun tidaklah susah karena semua bahannya sangat mudah ditemukan di pasar atau toko sekitar anda. Selain itu, lauk ini bisa dikombinasikan dengan menu yang lainnya agar rasanya lebih nikmat jika disantap.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *