Apa Saja Makanan Yang Harus Dihindari Penderita Kolesterol? Cari Tahu Disini !

Makanan Yang Harus Dihindari Penderita Kolesterol

Bagi anda yang mengidap penyakit kolesterol, ada baiknya untuk menjaga pola makan. Ada berbagai macam makanan yang harus dihindari penderita kolesterol agar kadar lemak di dalam tubuh anda tidak meningkat. Beberapa jenis lemak memang sangat diperlukan oleh tubuh tetapi jika kadarnya telah tinggi maka akan timbul beberapa gangguan kesehatan. Untuk itu, anda sebaiknya menghindar makanan berikut untuk menjaga kadar kolesterol anda.

Beberapa Makanan Yang Perlu Dihindari Bagi Anda Yang Memiliki Kolesterol

1. Makanan Cepat Saji

Ternyata selain memiliki gizi yang kurang lengkap, makanan cepat saji atau junk food juga mengandung kadar kolesterol yang tinggi. Hal tersebut diakibatkan oleh proses pengolahan maknan cepat saji itu sendiri. Karena itu, anda sebaiknya tidak terlalu sering atau menghindari untuk mengonsumsi makanan cepat saji sejenis ayam goreng, burger ataupun kentang goreng agar kadar lemak anda tidak meningkat.

Apa Saja Makanan Yang Harus Dihindari Penderita Kolesterol tinggi

2. Udang

Salah satu makanan yang harus dihindari penderita kolesterol ini adalah yang patut untuk anda waspadai. Udang disinyalir memiliki kadar kolesterol yang tinggi dibandingkan dengan cumi, ataupun hewan laut lainnya. Untuk itu, bila anda ingin untuk mengonsumsi udang, maka anda juga perlu untuk mengimbanginya dengan makanan lain yang pernuh dengan nutrisi seperti sayur dan buah-buahan.

3. Telur Ayam

Satu lagi makanan yang mengandung kadar kolesterol tinggi adalah telur ayam. Sebutir telur ayam negeri yang lengkap dengan putih telur, biasanya akan mengandung kira-kira 164 mg kolesterol. Sednagkan untuk kuningnya sendiri akan mengandung koleterol sebesar 242 mg. Untuk itu, anda bisa menghindari untuk mengonsumsi telur ayam dan menggantinya dengan protein lain yang lebih aman seperti tempe dan tahu.

4. Kulit

Siapa sih dari kalian yang tidak suka kulit? Makanan yang menjadi kegemaran hampir setiap orang ini memiliki kandungan lemak jenuh yang lebih tinggi dibandingkan dengan dagingnya. Baik kulit ayam maupun sapi merupakan makanan yang harus dihindari penderita kolesterol karena bisa meningkatkan kolesterol secara signifikan. Untuk itu, jika anda memakan ayam sebaiknya hindari mengonsumsi kulitnya.

5. Jeroan

Bagi anda penderita kolesterol, sebaiknya juga perlu untuk menghindari jeroan, baik itu jeroan ayam ataupun jeroan sapi. Meskipun memiliki rasa yang enak, jeroan seperti usus, ampela, ati, jantung dan organ dalam lainnya ternyata mampu meningkatkan kadar kolesterol jahat di dalam darah. Untuk itu, anda bisa mengonsumsi daging yang memiliki rendah lemak daripada mengonsumsi jeroannya.

Apa Saja Makanan Yang Harus Dihindari Penderita Kolesterol

6. Lemak Trans

Lemak trans merupakan bentuk minyak yang telah dipadatkan. Lemak ini pada umumnya akan sering anda temukan pada margarin dan minyk kelapa. Untuk itu, jika anda mengonsumsi makanan yang diolah dengan menggunakan margarin dan minyak kelapa maka tentu saja akan memiliki kadar kolesterol yang sangat tinggi. Hal tersebut tentunya dapat anda hindari dengan mengonsumsi makanan yang tidak mengandung lemak trans tersebut.

7. Gorengan

Gorengan merupakan makanan yang harus dihindari penderita kolesterol, hal ini disebabkan makanan yang digoreng menggunakan minyak ini akan memiliki kadar kolesterol yang tinggi. Untuk itu, anda sebaiknya mengurangi konsumsi gorengan, karena biasanya gorengan digoreng dengan menggunakan minyak jelantah atau minyak yang sebelumya dipakai untuk menggoreng.

Jika anda mengidap kolesterol, maka sebaiknya anda mengurangi untuk mengonsumsi makanan yang menjadi pantangan agar kadar kolesterol anda tidak menjadi naik. Mulailah untuk mengonsumsi sayur atau makanan yang proses pengolahhanya direbus. Dengan mengonsumsi makanan yang lebih sehat lainnya, tentu saja hal ini akan membuat anda bisa hidup dengan lebih sehat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *