Apa Saja Bahaya Rokok Untuk Wanita ? Simak Disini !

Bahaya Rokok Untuk Wanita

Tidak dapat dipungkiri, saat ini wanita pun juga banyak yang merokok. Meski masyarakat banyak yang menganggap bahwa jika wanita merokok tidak baik, maka tetap saja banyak wanita yang merokok. Sebenarnya, masalah yang utama adalah bukan stereotip masyarakat melainkan dampak rokok itu sendiri. Untuk itu, kali ini akan diulas tentang bahaya rokok untuk wanita yang perlu untuk anda ketahui.

Kenali Bahaya Merokok Untuk Wanita

1. Siklus Menstruasi Menjadi Tidak Teratur

Bagi anda wanita yang sering merokok, maka dari sekarang anda haruslah mulai untuk menguranginya. Hal tersebut dikarenakan wanita yang merokok dapat beresiko terkena infertilitas atau tidak subur. Selain itu, bagi wanita yang merokok juga dapat mengalami nyeri atau dismenore atau nyeri tak tertahankan pada saat menstruasi. Wanita yang sering merokok juga beresiko mengalami menopause dini yakni satu atau dua tahun lebih awal.

Apa Saja Bahaya Rokok Untuk Wanita wanita

2. Bisul di Dalam Perut

Bahaya rokok untuk wanita juga dapat mengganggu asam lambung. Hal itu dikarenakan mekanisme perlindungan tubuh secaraalami dapat terganggu oleh zat-zat yang terkandung di dalam rokok. Menurut salah satu dokter di Chicago, merokok juga dapat mengganggu saluran percernaan dan akan menyebabkan maag dan meningkatkan refluks asam lambung. Dimana hal tersebut ditandai dengan melemahkan otot sphincter yang berfungsi untuk mencegah asam lambung.

3. Dapat Menyebabkan Depresi

Selin itu, nikotin juga dapat memberikan efek yang menenangkan bagi para penggunanya. Akan tetapi menurut salah satu peneliti mengungkapkan bahwa jika anda memiliki ketergantungan terhadap nikotin maka hal itu tentunya dapat menyebabkan depresi. Peningkatan gejala depresi yang konsisten memiliki pengaruh bagi wanita yang suka merokok.

4. Meningkatkan Resiko Terkena Katarak

Salah satu penyakit mata yang membuat lensa mata berkabut biasanya dapat disebut dengan katarak. Berdasarkan penelitian orang yang pernah merokok mempunyai resiko terkena penyakit katarak yang lebih tinggi. Hal tersebut ternyata juga dialami oleh perokok pasif, atau seeorang yang sering berhadapan langsung dengan perokok aktif meskipun tidak merokok. Bahaya rokok untuk wanita tersebut tentu saja biasanya menyerang wanita lanjut usia.

Akan tetapi, penelitian juga menunjukkan bahwa orang yang merokok aktif akanmengalami peningkatan resiko AMD dibandingkan dengan orang yang tidak pernah merokok sama sekali. Katarak ini biasanya terjadi dan disebabkan oleh age related macular degeneration (AMD) pada bagian tengah retina. Untuk itu, wanita yang sering merokok saat usia muda tidak menutup kemungkinan akan menderita katarak ketika memasuki usia senja.

Apa Saja Bahaya Rokok Untuk Wanita

5. Dapat Mengurangi Resiko Kepadatan Tulang

Radikal bebas yang dihasilkan oleh rokok dapat menyerang pertahanan alami di dalam tubuh. Radikal bebas tersebut tentunya dapat mengganggu keseimbangan hormon di dalam tubuh. Organ hati yang ada di dalam tubuh anda, berfungsi untuk menghasilkan enzim yang dapat merusak estrogen ini akan memicu hilangnya kepadatan pada tulang.

Untuk itu, bahaya rokok untuk wanita inidapat berpengaruh pada proses pembentukan tulang. Apabila anda telah memasuki usia menjelang menopause, maka anda tentu saja harus segera untuk berhenti merokok. Hal ini dikarenakan produksi hormon estrogen akan semakin berkurang saat memasuki usia menopause sehinga nantinya tulang akan semakin hilang kepadatannya.

Tentu saja hal yang paling utama dari bahaya merokok adalah menyebabkan kanker paru-paru. Tidak hanya untuk perokok wanita saja, jika anda merokok maka kemungkinn terkena kanker paru-paru adalah sangat tinggi. Salah satu penyebab kanker patu-paru mulai merambat ke wanita adalah dikarenakan saat ini mulai banyak wanita yang mengonsumsi rokok. Sehingga tembakau rokok akan menjadi racun ketika masuk ke dalam tubuh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *