Apa Manfaat Utama Asuransi Jiwa?

Apa Manfaat Utama Asuransi Jiwa

Kata asuransi sudah bukan merupakan kosa kata yang asing bagi banyak kalangan. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, kata ‘Asuransi’ memiliki arti pertanggungan (perjanjian antara dua pihak, pihak yang satu berkewajiban membayar iuran dan pihak yang lain berkewajiban memberikan jaminan sepenuhnya kepada pembayar iuran apabila terjadi sesuatu yang menimpa pihak pertama atau barang miliknya sesuai dengan perjanjian yang dibuat). Ada berbagai jenis asuransi yang umum di kalangan masyarakat. Misalnya asuransi jiwa. Pada asuransi jiwa sendiri terdapat berbagai premi asuransi jiwa sebagai pembeda.

Jenis – jenis asuransi

Ada banyak jenis asuransi yang umumnya dikenal di masyarakat. Asuransi – asuransi ini dibedakan berdasarkan objek asuransinya. Beberapa di antara asuransi tersebut adalah:

Apa Manfaat Utama Asuransi Jiwa itu

1. Asuransi jiwa

Asuransi jiwa merupakan asuransi yang memberi keuntungan finansial bagi tertanggung atas kematiannya.

2. Asuransi kesehatan

Asuransi jenis ini merupakan asuransi yang paling dikenal oleh masyarakat. Asuransi kesehatan menanggung biaya perawatan tertanggung yang mengalami masalah kesehatan karena suatu penyakit. Umumnya, jenis sakit yang ditanggung oleh pihak asuransi adalah cedera, cacat, sakit, hingga kematian akibat kecelakaan.

3. Asuransi kendaraan

Asuransi jenis ini umumnya berfokus pada tanggungan cedera kepada orang lain atau pada kerusakan kendaraan orang lain yang diakibatkan oleh tertanggung.

4. Asuransi kepemilikan rumah dan properti

Rumah dan properti merupakan aset yang berharga. Maka dari itu, beberapa pemiliknya melindunginya dengan asuransi kepemilikan rumah dan properti. Asuransi ini memberi perlindungan pada barang tertanggung jika mengalami kerusakan atau kehilangan.

5. Asuransi pendidikan

Sesuai namanya, asuransi jenis ini merupakan salah satu solusi untuk menjamin kehidupan yang lebih baik terutama pada hal pendidikan anak dari tertanggung. Asuransi ini begitu populer keberadaannya.

Apa Manfaat Utama Asuransi Jiwa ini

Manfaat asuransi Jiwa

Karena keberadaanya yang cukup populer di kalangan masyarakat, maka di sini akan dibahas lebih terperinci mengenai asuransi jiwa. Seperti yang telah disinggung sebelumnya, manfaat asuransi jiwa adalah berupa penanggungan kerugian finansial seseorang akibat meninggalnya seseorang atau hidupnya terlalu lama. Apa maksudnya? Contoh kerugian finansial akibat meninggalnya seseorang yang ditanggung asuransi adalah saat seorang bapak yang memiliki jaminan untuk anaknya meninggal dunia, maka anak tersebut tidak akan kesulitan dengan adanya uang asuransi. Lalu contoh penanggungan oleh asuransi karena hidup seseorang terlalu lama adalah saat seseorang yang memiliki asuransi umurnya telah terlalu ta untuk menafkahi dirinya atau anaknya, maka hidupnya akan terbantu oleh asuransi tersebut.

Premi asuransi jiwa

Saat membahas mengenai asuransi, seringkali terdengar istilah premi. Sebenarnya apa itu premi? Menurut Wikipedia Ensiklopedia Bebas Bahasa Indonesia, premi adalah sejumlah uang yang harus dibayarkan setiap bulannya sebagai kewajiban dari tertanggung atas keikutsertaannya di asuransi. Besar premi yang dibayarkan berbeda – beda. Nominal premi yang dibayarkan dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor, di antaranya:

1. Usia tertanggung

Usia tertanggung saat mendaftarkan diri di perusahaan asuransi dapat memengaruhi nilai premi yang harus dibayarkan. Semakin muda usia tertanggung, semakin murah nominal premi. Berlaku sebaliknya karena risiko yang dialihkan kepada pihak asuransi semakin besar.

2. Riwayat kesehatan tertanggung

Seseorang yang memiliki riwayat kesehatan yang buruk mungkin akan mendapatkan nominal premi yang lebih besar.

3. Gaya hidup merokok atau tidak merokok

Seorang perokok memiliki risiko gangguan kesehatan yang lebih tinggi dari pada bukan perokok. Biasanya perokok akan mendapat nilai premi yang lebih besar.

Itu dia beberapa faktor yang dapat memengaruhi besaran premi. Selain faktor di atas, masih ada faktor lain yang dapat memengaruhi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *