Amankah Tethering di Tempat Umum?

kartu perdana khusus internet

Selalu terhubung dengan jaringan internet adalah hal yang cukup penting untuk mempermudah aktivitas sehari – hari. Internet semakin dibutuhkan terutama di era moderen seperti ini, dimana semua kegiatan akan lebih mudah dijalankan dengan adanya layanan internet. Manusia mulai ketergantungan dengan layanan internet, bahkan bisa dikatakan tiada hari tanpa mengakses internet untuk berbagai keperluan. Semua orang bisa mulai menggunakan kartu perdana khusus internet untuk memenuhi kebutuhan sehari – hari. Karena internet menjadi kebutuhan pokok maka banyak tempat umum yang mulai menyediakan layanan wifi. Semua orang bisa memanfaatkan layanan wifi tersebut untuk terhubung dengan internet secara gratis.

Menggunakan layanan internet di tempat umum sering kali disebut dengan tethering. Amankah menggunakan layanan tethering di tempat umum? Aman tidaknya menggunakan layanan tersebut bisa dilihat dari penggunaannya. Sebenarnya ada beberapa hal yang harus diperhatikan ketika ingin menggunakan layanan wifi umum tersebut. Layanan umum tersebut bisa saja melakukan penyadapan terdahap informasi sertiap gadget yang terhubung dengan layanan internet tersebut. Selain itu kegiatan seperti tethering juga memungkinkan adanya virus yang masuk ke dalam gadget anda. Sebagai pengguna wifi yang bijak alangkah baiknya anda mengetahui apa saja yang perlu diperhatikan agar tetap aman menggunakan layanan tethering tersebut.

kartu perdana khusus internet Cara Tetap Tersambung Internet dengan Murah di Luar Negeri foto utama

Hal pertama yang perlu diperhatikan adalah menyalakan wifi secara manual. Pastikan layanan wifi di gadget anda dihidupkan secara manual tidak otomatis. Hal ini mampu menghambat pihak lain yang ingin melakukan penyadapan pada gadget anda ketika kembali ke tempat tersebut. Selain itu fitur wifi yang dinyalakan secara manual akan menghindarkan hacker untuk menyadap jaringan internet yang anda miliki.

Hal yang ke dua adalah menghindari pemakaian tethering untuk hal – hal yang sensitif. Anda harus paham bahwa tethering tidak seharusnya digunakan untuk melakukan hal sensitif atau privasi seperti mengakses email, mengakses kartu kredit, melakukan transaksi perbankan online, dan berbagai hal lainnya. Pastikan apa yang anda akses menggunakan layanan umum ini hanya yang bersifat umum bukan privasi. Keamanan akan lebih terjamin jika anda memperhatikan satu hal ini.

Hal yang ke tiga adalah memperhatikan nama dari layanan wifi tersebut. Ketika anda berada di suatu tempat yang menyediakan layanan wifi maka anda perlu berhati – hati. Jika ada banyak pilihan wifi dengan nama yang hampir mirip maka jangan sembarangan menggunakan wifi tersebut. Bisa saja salah satu jaringan tersebut milik hacker. Tanyakan wifi asli dari tempat yang menyediakan layanan tersebut.

kartu perdana khusus internet Cara Tetap Tersambung Internet dengan Murah di Luar Negeri

Hal yang ke empat adalah menggunakan keamanan tambahan atau enskirpsi kata sandi. Amankanlah setiap kata sandi anda yang bersifat sensitif. Enkripsi menjadi salah satu cara untuk mengkode data sehingga tingkat keamanannya bisa lebih terjamin. Enkripsi mampu membuat kata sandi dirahasiakan oleh pihak lain ketika menggunakan layanan internet di tempat umum.

Dari beberapa hal tersebut bisa disimpulkan bahwa menggunakan layanan tethering di tempat umun bukanlah hal yang aman. Sebagai pengguna gadget yang cerdas anda harus mulai memahami berbagai hal untuk menjaga privasi tetap aman. Selain menggunakan layanan tethering untuk mendapatkan layanan internet dengan mudah, anda juga bisa memanfaatkan kartu perdana khusus internet untuk mengakses internet dengan lebih leluasa. Memperhatikan empat hal yang sudah diulas tersebut akan membuat anda tetap aman menggunakan layanan internet tanpa harus takut terjadi penyadapan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *