Agar Tidak Jatuh Sakit, Berikut Tips Menjaga Kesehatan Selama Masa Pandemi

Sakit kesehatan mental

Wabah virus covid 19 telah menjangkiti seluruh pelosok negeri dengan jumlah penderita yang terus meningkat setiap harinya. Banyak kebiasaan yang harusnya diubah oleh rakyat Indonesia, sehingga sistem imun tubuh tetap baik. Anda dapat menerapkan gaya hidup sehat yang bisa dimulai dari diri sendiri dan keluarga, sehingga tidak mungkin jatuh sakit. Yuk intip beberapa gaya hidup yang wajib diterapkan selama masa pandemic di bawah ini!

Gaya Hidup yang Wajib Anda Terapkan di Masa Pandemi

1. Menjaga Kebersihan

Salah satu cara untuk menghentikan penularan ialah dengan menjaga kebersihan selama masa pandemi. Membiasakan hidup bersih bisa dimulai dari diri sendiri dan keluarga, lalu mulai memberikan edukasi ke orang orang terdekat. Menerapkan hidup yang bersih bisa jadi salah satu cara untuk membunuh virus di sekitar anda. Salah satunya virus corona yang saat ini cukup meresahkan masyarakat karena penyebarannya yang relatif cepat.

Smiling Young Woman Using Duster To Clean Table At Home

Kebersihan tangan, perabotan, dan baju yang dipakai jadi salah satu hal yang penting untuk diperhatikan. Anda bisa mulai membiasakan cuci tangan setelah bepergian kemana saja atau membawa hand sanitizer setiap saat. Yang tidak kalah penting untuk menyemprot benda benda di sekitar dengan desinfektan agar lebih terjaga. Gantilah baju dengan teratur dan segera mencucinya agar tidak ada kemungkinan virus menempel.

2. Memasak Makan di Rumah

Hilangkan kebiasaan membeli makanan di luar meskipun anda sedang sibuk. Makanan yang diolah orang lain tidak terjamin kualitasnya, baik dari segi kebersihan maupun gizinya. Oleh sebab itu, sebaiknya anda memasak makanan sendiri di rumah agar bisa memilih bahan bahannya sendiri. Selain menjaga kebersihan dan kesehatan, memasak di rumah juga bisa menghemat pengeluaran di masa pandemic yang cukup sulit mencari pekerjaan.

3. Mengkonsumsi Makanan Sehat

Makanan yang bersih saja tidak cukup untuk menjaga imunitas tubuh. Agar tubuh terhindar dari berbagai penyakit, anda bisa memilih bahan makanan dengan gizi yang seimbang. Jatuh sakit karena makanan yang tidak sehat ini membuat tubuh anda lemah, sehingga rentan terserang berbagai virus. Oleh sebab itu, penuhi asupan protein, vitamin, lemak, dan nutrisi lainnya. Anda bisa melengkapi makanan sehari hari dengan buah dan sayur agar seimbang.

4. Olahraga

Tubuh bugar tidak hanya diperoleh dari makanan sehat yang dikonsumsi sehari hari. Anda harus olahraga secara teratur, seperti olahraga ringan agar tubuh terbiasa lebih dulu. Mulai dengan lari pagi, bersepeda, atau hal lainnya. Bila tidak sempat, anda bisa melakukan aktivitas seperti membersihkan rumah. Kegiatan ini dinilai efektif membakar kalori dan menjaga kebugaran tubuh, sehingga bisa terhindar dari virus berbahaya.

Sakit nah ini dia olahraganya

5. Sharing dengan Keluarga

Beberapa orang masih beraktivitas di rumah karena perusahaan belum memberlakukan kerja di kantor dan siswa siswi masih sekolah secara daring. Oleh sebab itu, waktu yang dihabiskan di rumah tentu jadi lebih banyak daripada biasanya. Kondisi ini bisa anda pakai untuk sharing bersama keluarga dan bertukar cerita untuk mendekatkan hubungan sosial. Dengan begitu, akan tercipta hubungan harmonis yang berdampak baik pada kondisi psikologis anda.

Selama kurang lebih delapan bulan terakhir, dunia diguncang dengan wabah yang cukup menyeramkan. Banyak pasien yang terjangkit, bahkan meninggal dunia karena kondisi tubuh yang kurang sehat. Oleh sebab itu, anda wajib menerapkan 5 tips gaya hidup sehat di masa pandemic agar sistem imun tubuh tetap terjaga. Sistem imun yang baik bisa menghindarkan diri dari paparan virus berbahaya, termasuk covid 19.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *