Agar Berat Badan Terjaga, Yuk Cari Tahu Jam Makan yang Baik Untuk Diterapkan

jam makan yang baik

Makan merupakan hal pertama yang wajib dipenuhi oleh setiap makhluk hidup. Namun banyak orang yang menyepelekan waktu makan. Kebanyakan orang lebih banyak untuk memilih menunda waktu makan hingga merasa lapar, sehingga dapat mengganggu kesehatan. Oleh karenanya penting untuk mengetahui waktu makan yang tepat. Apalagi jika sedang diet, maka anda harus memahami jam makan yang baik agar membuat tubuh tetap sehat. Berikut ulasan selengkapnya.

Jam Jam Terbaik Untuk Makan dan Ngemil

1 Waktu Untuk Sarapan

Sebelum mengawali hari, penting kiranya untuk sarapan terlebih dahulu. Pasalnya dengan sarapan akan membantu untuk menjaga energi hingga siang hari. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa sarapan dengan mengkonsumsi protein tinggi setiap pagi akan dapat mengurangi pertambahan lemak tubuh. Sehingga akan bisa mencegah anda cepat merasa lapar sepanjang hari.

jam makan yang baik metabolism

Waktu terbaik yang disarankan untuk sarapan adalah antara jam 6 hingga jam 9.45 pagi. Sangat disarankan untuk sarapan satu jam setelah bangun tidur. Jadi, jika anda mulai bangun pada jam 6 atau 7, maka yang paling ideal adalah sarapan pada jam 7 atau 8. Ada baiknya jangan menunda waktu sarapan hingga melewati pukul 10, karena bisa mempengaruhi waktu makan selanjutnya.

2. Waktu yang Baik Untuk Makan Siang

Waktu untuk makan siang yang paling ideal adalah pukul 12.45 atau sekitar 4 jam dari waktu sarapan. Misalnya anda memulai sarapan pada pukul 8 pagi, maka anda bisa menunda waktu makan siang hingga pukul 12 siang. Jarak waktu dari sarapan dan makan siang ini sudah terbilang cukup ideal. Baiknya untuk tidak menunda hingga pukul 4 sore hari, karena akan membuat tubuh terasa lemas dan mengurangi konsentrasi saat bekerja atau melakukan aktivitas.

Menu untuk makan siang ini sebaiknya kaya akan serat, protein dan karbohidrat yang diperlukan untuk mengisi energi hingga malam hari. Anda bisa mengkonsumsi salad atau sayu dengan porsi secukupnya. Selain itu anda juga bisa menambahkan lauk daging dan telur secukupnya untuk membuat tubuh anda kembali berenergi. Usahakan untuk tidak mengkonsumsi nasi atau karbohidrat terlalu banyak. Anda juga tidak dianjurkan untuk makan terlalu kenyang.

3. Jam Makan Malam yang Tepat

Agar anda bisa memiliki berat badan yang ideal, maka ada baiknya untuk lebih disiplin saat waktu makan malam. Sangat dianjurkan untuk tidak makan malam melebihi pukul 8. Jam makan yang baik untuk makan adalah saat pukul 6 sore atau pukul 7 petang. Namun jika anda baru memulai untuk makan siang pada pukul 3 ore, maka anda bisa menunda makan hingga am 9 makan. Namun usahakan untuk memberikan jarak waktu untuk tidur sekitar 3 jam setelah makan.

jam makan yang baik Kapan Jam Terakhir Boleh Makan Malam

4. Waktu Untuk Ngemil

Jika anda makan dengan porsi dan waktu yang tepat maka anda tidak akan kebiasaan untuk ngemil. Namun apabila anda adalah seorang yang doyan ngemil, maka waktu yang tepat untuk melakukannya adalah sekitar 2 jam setelah anda sarapan atau makan siang. Hindari kebiasaan untuk ngemil pada malam hari. Camilan sehat seperti buah, kue rendah kalori, kue gandum atau oat dan lainnya akan sangat baik untuk kesehatan tubuh anda.

Penting sekali untuk menjaga pola makan secara teratur agar bisa membuat tubuh tetap sehat dan ternutrisi. Anda harus lebih disiplin untuk mengatur jam sarapan, makan siang atau malam sehingga tubuh tetap fit dalam menjalankan aktivitas. Pasalnya jika anda makan dengan waktu yang tidak teratur akan menyebabkan gangguan pencernaan seperti mag atau asam lambung. Selain waktu makan, konsumsi makanan juga sangat penting untuk diperhatikan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *