7 Peluang Usaha Ternak Yang Bisa Dijadikan Investasi Masa Depan

7 Peluang Usaha Ternak Yang Bisa Dijadikan Investasi Masa Depan

Banyak sekali usaha yang bisa coba untuk dilakukan untuk peluang usaha anda. Kebutuhan daging dan juga telur semakin hari semakin meningkat seperti daging, telur, ayam dan kebutuhan pakan lainya. Dengan meningkatnya kebutuhan ini, anda bisa menjadikanya sebagai peluang usaha yang menjanjikan. Salah satunya adalah usaha ternak yang bisa anda lakukan di rumah. Mari simak peluang usaha ternak yang menguntungkan berikut.

Bisnis Ternak yang Menguntungkan

1. Bisnis Ternak Ayam Potong / Ayam Petelur

Melakukan bisnis peternak ayam potong memang sangatlah menguntungkan. Anda harus menunggu setidaknya 40 hingga 50 hari untuk bisa dipanen. Sedangkan untuk ayam petelur anda bisa panen setiap harinya jika ayam sudah bertelur. Untuk memulai bisnis ini anda memerlukan modal yang cukup besar untuk kebutuhan kandang, menyewa lahan, pakan dan lain sebagainya.

2. Bisnis Sapi Potong/Sapi Pedaging

Sudah banyak yang tahu jika daging sapi adalah salah satu kebutuhan bagi masyarakat. Namun ketersediaan daging sapi kadang tidak bisa terpenuhi dengan baik. Sehingga anda bisa menggunakanya sebagai peluang usaha yang menguntungkan. Untuk memulai usaha ini tentunya memerlukan modal yang cukup banyak karena harga sapi yang semakin mahal. Anda harus menyiapkan tempat ternak atau kandang, membeli sapi, hingga pangan sapi.

7 Peluang Usaha Ternak Yang Bisa Dijadikan Investasi Masa Depan ini

3. Beterneak Kambing

Tidak jauh berbeda dengan beternak sapi, beternak daging kambing juga bisa sangat menguntungkan. Peluang usaha ternak kambing ini akan mengalami kenaikan yang pesat saat terjadinya hari raya raya adha. Permintaan daging kambing akan meningkat setiap harinya. Anda bisa menggunakan modal yang kecil untuk bisa memulai bisnis kambing pedaging. Tak hanya kambing pedaging anda juga bisa melakukan ternak kambing etawa.

4. Ternak Bebek/Itik

Bisnis ternak bebek memang memerlukan waktu yang sedikit lebih lama jika dibandingkan dengan ternak ayam. Masa panen ternak bebek membutuhkan waktu yang tidak sedikit. Namun permintaan daging bebek ini akan semakin meningkat dengan banyakanya restoran bebek yang tersedia. Selain dagin, telur bebek juga bisa dijadikan tambahan jualan anda karena memiliki kandungan gizi yang bagus bagi tubuh.

5. Beternak Ikan Lele

Melakukan bisnis ternak ikan lele memang sangat mudah untuk dilakukan. Lele sendiri dapat hidup pada air yang keruh dan perawatan yang cukup mudah. Untuk merawatnya anda bisa memberikan beragam pakan yang lele sukai. Anda bisa memberikan pakan berupa dedek, sayur, atau makanan ikan pada umumnya. Bisnis ternak lele ini juga dibutuhkan di warung warung lalapan yang biasnaya mangkal di pinggir jalan.

6. Ternak Ikan Hias

Jika anda menginginkan bisnis simpel namun teteap menguntungkan, ternak ikan hias bias ajadi solusinya. Untuk bisa mendapatkan keuntungan yang lebih, anda harus berhati hati dalam merawatnya karena ikan hias sangat rentan untuk mati. Ikan hias yang memiliki harga jual yang tinggi adalah ikan guppy, ikan cupang, ikan discu dan masih banyak ikan hias lainya.

7. Ternak Burung

Bisnis burung memang dilakukan beberapa orang karena memiliki banyak sekali keuntungan yang didapatkan. Semakin banyak dan langka burung yang anda jual, maka harganya pun akan melejit dipasaran. Biasanya burung gacor memiliki harga yang relatif mahal jika memiliki sebuah sertifikat juara. Adapaun jenis burung yang bisa anda ternak adalah burung lovebird, kacer, kenari, dan masih banyak burung jenis lainya.

Mengetahui beragam peluang hewan ternak untuk dibudidayakan memang sangat menggiurkan. Namun anda harus tahu jika perawatan hewan ternak tidak segampang kelihatanya. Anda harus melakuakan beberapa perawatan khusus seperti ternak sapi, kambing, ikan hias atau ternak burung. Dengan memberikan perawatan yang baik, maka harga jualny apun akan semakin tinggi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *