6 Cara Menjaga Tubuh Agar Tetap Ideal Untuk Pecinta Kuliner

cara menjaga tubuh agar tetap ideal cara menjaga tubuh agar tetap ideal atasi berat badan

Setiap orang tentunya menginginkan tubuh yang ideal. Karena selain menunjang penampilan, tubuh juga menjadi lebih sehat. Namun bagaimana menjaga tubuh tetap ideal, ketika anda termasuk orang yang menyukai kulineran? Hobi makan atau mengemil memang membuat lebih cepat lapar sehingga terkadang tak mengontrol makanan. Jika dilakukan dalam jangka waktu panjang tentunya akan menaikkan berat badan. Berikut beberapa cara menjaga tubuh agar tetap ideal.

Cara Mudah Untuk Menjaga Agar Berat Badan Tetap Ideal

1. Tidak Melewatkan Sarapan

Sebagai langkah awal untuk menjaga agar berat badan tetap ideal adalah dengan tidak melewatkan sarapan. Dilansir dari berbagai sumber, sebuah penelitian menunjukkan jika orang yang tidak sarapan cenderung akan mengalami peningkatan pada berat badannya. Jika menurut National Institutes of Health, hal ini disebabkan karena ketika siang hari orang cenderung lapar. Dan saat menahan lapar, hormon leptin akan keluar dan menyebabkan makan tak terkendali.

cara menjaga tubuh agar tetap ideal ini

2. Tetap Makan

Jika anda menginginkan tubuh yang ideal bukan berarti anda harus tidak makan ketika merasa lapar. Apabila anda termasuk hobi makan, maka makan saja namun tetap memperhatikan kalori dan juga nutrisinya. Bagi anda yang hobi ngemil, tentunya hal yang susah untuk mengurangi rasa ingin mengemil tersebut. anda bisa mengganti camilan anda menjadi lebih sehat dan tentunya rasanya tetap sehat. Seperti mengganti es krim dengan buah yang dibekukan.

3. Bergerak

Ketika anda mengkonsumsi makanan, tentunya akan ada kalori yang masuk ke tubuh. Jika anda tidak bergerak, maka kalori tersebut akan menumpuk. Untuk itu bagi anda pecinta kulineran, ada baiknya untuk tetap bergerak. Semakin banyak aktivitas maka semakin membantu anda untuk mengelola berat badan. Anda bisa memulai olahraga secara rutin minimal 30 menit setiap harinya. Dengan begitu anda bisa menjaga agar berat badan tetap stabil.

4. Makan Dengan Sadar Sepenuhnya

Yang dimaksudkan sadar di sini adalah makan tidak dengan melakukan aktivitas yang lain. Seperti misalnya mengemil sambil nonton televisi, memang sangat nikmat tetapi tidak dianjurkan. Sebab, ketika anda makan dengan melakukan aktivitas lain maka tak bisa menikmati makanan sepenuhnya. Dengan kesadaran penuh, anda bisa menikmati senasi setiap gigitan serta rasanya. Hal ini akan membuat anda lebih kenyang karena merasakan makanan dengan detail.

5. Tak Perlu Menahan Makanan Kesukaan Anda

Meskipun anda sedang mengatur pola makan, namun anda tetap bisa menikmati berbagai makanan kesukaan anda. Cara menjaga tubuh agar tetap ideal memang tidak sulit, sebab ketika anda mengkonsumsi makanan kesukaan anda harus menyeimbangkan makanan lainnya. Misalnya anda menginginkan es krim, maka setelahnya jangan lupakan air putih, sayuran serta buah. Dengan begitu anda akan kenyang lebih lama serta bisa mengurangi rasa lapar.

cara menjaga tubuh agar tetap ideal cara menjaga tubuh agar tetap ideal atasi berat badan

6. Mengganti Menu Dengan Porsi Yang Sama

Mengatur pola makan, bukan berarti anda menjadi makan lebih sedikit. Padahal aktivitas anda begitu banyak dan membutuhkan banyak energi juga. Maka langkah bijaknya adalah tetap makan dengan porsi yang sama. Namun mengganti isi dari piring anda, jika sebelumnya banyak karbohidrat. Anda bisa menggantinya dengan buah maupun sayuran. Ditambahkan protein akan membuat anda tetap kenyang.

Semua langkah tersebut tentunya harus dilakukan dengan komitmen tinggi. Untuk itu, anda butuh membuat rencana agar bisa menjaga pola makan anda dengan baik. Dengan begitu kegiatan anda kulineran tidak akan terganggu. Mengatur pola makan bukan berarti tidak bisa makan enak, anda tetap bisa menikmati makanan favorit. Tetapi tetap didukung dengan makanan lain serta olahraga teratur.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *