6 Cara Agar Bisnis Tidak Anjlok Diterjang Covid-19

Anjlok Diterjang Covid

Wabah Virus Corona yang melanda hampir seluruh penjuru dunia sejak akhir tahun 2019 lalu, berdampak pada berbagai sektor di kehidupan masyarakat. Tidak hanya mengancam nyawa, virus satu ini juga telah banyak mempengaruhi roda bisnis. Bahkan banyak bisnis yang gulung tikar karena dampaknya. Jika anda merupakan salah satu pemilik usaha, berikut beberapa tips agar bisnis tidak anjlok diterjang Virus Covid-19. simak ulasan lengkapnya berikut.

Mempertahankan Usaha di Tengah Krisis Virus Corona

1. Berhemat

Wabah Covid-19 yang belum berakhir ditakutkan dapat memicu krisis finansial yang lebih buruk daripada krisis keuangan yang pernah terjadi sebelum-sebelumnya. Maka penting bagi anda untuk menempuh beberapa langkah, agar napas usaha bisa terus bertahan lebih lama. Langkah pertama yaitu menekan pengeluaran dengan berbagai macam cara. Seperti berusaha menekan biaya operasional dari tagihan air, listrik, atau internet yang ada.

Anjlok Diterjang Covid

2. Dorong Penjualan dengan Cara Paling Murah

Pandemi Virus Corona mengharuskan semua orang untuk menghindari kerumunan, agar dapat menekan laju penyebaran virus. Misalnya bisnis anda bergerak dalam sektor F&B, maka terapkan strategi yang tepat agar penjualan dapat mencapai target dengan biaya termurah. Bisa dengan cara menawarkan harga lebih ekonomis bagi pelanggan melalui layanan delivery, atau memberikan voucher diskon pada pembelian dengan harga tertentu.

3. Beri Pengertian pada Karyawan

Pada masa yang memprihatinkan seperti saat ini, maka penting untuk anda dan para karyawan untuk saling bahu membahu memperkuat kelangsungan usaha. Jadi, coba bicara dengan karyawan bahwa fokus anda saat ini adalah mempertahankan kelangsungan bisnis. Jadi karyawan harus rela melupakan mengenai kenaikan gaji atau pemberian bonus. Katakan bahwa hal tersebut hanya untuk sementara, paling tidak hingga kondisi sudah kembali seperti sedia kala.

4. Kampanye Mengenai Nilai Lebih Layanan

Lakukan kampanye pada target pasar anda, mengenai nilai lebih yang dapat anda berikan selama situasi krisis saat ini. Misalnya, bisnis anda bergerak di jasa layanan internet. Kebutuhan masyarakat terhadap internet melonjak tajam pada masa pandemi. Agar bisnis anda tetap unggul daripada kompetitor, coba galakkan promo yang menarik seperti kuota khusus bagi pelajar dan mahasiswa yang belajar dari rumah, dan lain sebagainya.

5. Optimalkan Teknologi Pendukung

Banyak sekali teknologi yang dapat anda manfaatkan agar kegiatan usaha bisa berjalan normal seperti biasanya. Misalnya untuk meeting dengan tim, anda bisa memanfaatkan aplikasi zoom, google duo, atau aplikasi lainnya. Begitu pula jika anda perlu berkomunikasi dengan klien, anda dapat mengoptimalkan penggunaan aplikasi-aplikasi tersebut. Dengan dukungan teknologi yang canggih di masa kini, aktivitas bisnis bisa tidak sampai anjlok dan berjalan dengan normal.

Anjlok Diterjang Covid ini

6. Persiapkan Diri untuk Skenario Terburuk

Musibah akibat Virus Corona memang berpengaruh besar kepada hampir semua bidang usaha, bahkan negara pun juga mengalami kemerosotan ekonomi yang drastis. Oleh karena itu, sebagai langkah antisipasi, buat plan bisnis yang juga memuat proyeksi mengenai keberlanjutan usaha anda. Paling tidak buat proyeksi hingga setahun ke depan. Misalnya dari segi tingkat pengeluaran, kelanjutan permodalan, sisi pendapatan usaha, dan lain sebagainya.

Itulah beberapa cara atau tips mempertahankan usaha di tengah masa krisis Covid-19. Meski sudah memasuki era new normal, namun perekonomian semua sektor industri belum sepenuhnya pulih. Bahkan cukup banyak usaha yang pada akhirnya harus memilih untuk gulung tikar. Namun anda perlu tetap optimis, dan lakukan berbagai macam inovasi baru agar keberlangsungan bisnis dapat terus terlaksana.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *