5 Tips Social Distancing Untuk Anda Yang Kerja Di Kantor

social distancing

Di masa pandemic, banyak orang yang terpaksa bekerja dari rumah agar dapat mengurangi interaksi yang dilakukan dengan orang lain. Kebijakan ini diambil agar penularan tidak makin tinggi, sehingga jumlah penderita semakin banyak. Akan tetapi, setelah memasuki masa new normal kegiatan telah kembali dan harus bekerja kembali di kantor. Tips social distancing untuk para karyawan kantor ini sangat penting agar tidak terpapar virus. Yuk cek di bawah ini!

Tips Jitu Menjaga Jarak dengan Rekan Kantor

1. Namaste

Kebiasaan bersalaman saat bertemu teman ini tentu sudah jadi budaya yang lumrah untuk dilakukan di masa silam. Akan tetapi, saat ini justru sangat berbahaya terutama bila anda bersentuhan dengan orang yang tidak diketahui asal usulnya. Kontak fisik seperti ini bisa jadi salah satu pemicu penularan virus covid 19 yang saat ini sudah merebak. Tidak hanya di Cina, virus ini telah menjangkiti seluruh dunia dengan jumlah penderita cukup tinggi.

social distancing

Oleh sebab itu, masa new normal ini jadi salah satu cara untuk mengurangi penularan dengan tidak bersalaman. Anda bisa lakukan jaga jarak dengan gerakan Namaste seperti kampanye dari India barat daya. Gerakannya sangat mudah, yaitu menangkupkan tangan di depan dada saat akan menyapa rekannya. Hal ini sudah sangat lumrah untuk anda lakukan, sehingga tanpa kontak fisik pun masih bisa menyapa orang lain di keramaian.

2. Pakai Eskalator atau Tangga

Bekerja di kantor membuat anda bertemu dengan banyak orang, termasuk rekan rekan kerja. Hal ini diperparah saat anda harus memakai lift karena ruangannya sangat sempit. Oleh sebab itu, sebaiknya gunakan eskalator atau tangga bila memungkinkan. Saat naik eskalator, anda bisa menjaga jarak dengan orang orang di sekitar dengan rentang yang jauh. Bila memakai lift, perhatikan beberapa aturan seperti jumlah maksimal pengguna lift.

3. Manfaatkan Platform Komunikasi Digital

Bertemu rekan di kantor memang sangat menyenangkan, terutama di zaman makan siang sehingga anda bisa bercengkrama sejenak. Tidak jarang, justru bermain ke kubikel teman untuk saling sapa atau memberikan berkas. Saat ini, tidak disarankan melakukannya di masa social distancing agar menghindari penularan lebih luas. Anda bisa memanfaatkan berbagai platform digital untuk berkomunikasi dengan teman selama bekerja di kantor.

4. Mengenakan Masker

Tahukah anda bahwa virus ini mudah menular, seperti melalui droplets? Oleh sebab itu, salah satu cara untuk menghindari penularan dengan cara rajin memakai masker. Saat ada di kantor, anda bisa memakai masker agar tidak terpapar virus dari teman yang lain. Masker ini bertujuan melindungi hidung dan mulut agar tidak ada droplets yang keluar menulari orang lain. Pastikan ganti masker dengan rutin agar perlindungannya efektif.

social distancing di kantor

5. Kurangi Penggunaan Transportasi Umum

Beberapa orang memang harus menaiki kendaraan pribadi, seperti KRL, bis, angkutan umum, atau MRT untuk bepergian kemana saja. Di masa pandemic ini, anda bisa mulai mengurangi intensitasnya agar menghindari kerumunan. Harga yang harus dikeluarkan untuk biaya transportasi memang cukup tinggi, tetapi jauh lebih aman saat anda menaiki kendaraan pribadi atau ojek online. Ojek online ini jauh lebih aman bagi anda yang bekerja di kantor.

Bekerja dari kantor atau yang biasa disebut WFO sudah sangat akrab bagi beberapa orang. Kondisi ini cukup meresahkan, tetapi anda bisa melakukan banyak hal agar terhindar dari paparan virus rekan kerja. Mulai dari hilangkan kebiasaan berjabat tangan, gunakan tangga bila memungkinkan, berkomunikasi secara online, pakai masker, dan kurangi memakai kendaraan umum. Manakah tips yang sudah anda terapkan selama bekerja di kantor?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *