5 Tips Dalam Memilih Asuransi Kebakaran Yang Tepat

asuransi kebakaran Cara Ajukan Klaim Asuransi Rumah Kebakaran

Asuransi kebakaran merupakan sebuah program asuransi dan jaminan terhadap bangunan atau rumah jika terjadi kerusakan yang diakibatkan karena kebakaran. Asuransi ini biasanya banyak digunakan oleh perusahaan atau rumah yang ingin mendapatkan jaminan atas properti yang mereka miliki.

Tips Memilih Agen Asuransi Kebakaran

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya bahwa sangat penting untuk mendaftar aset bangunan Anda ke asuransi. Saat ini ada banyak sekali berbagai macam asuransi hunian yang mudah ditemukan. Salah satu program yang tepat untuk asuransi properti ini adalah asuransi kebakaran. Ada banyak perusahaan asuransi ini yang menawarkan produk asuransi dengan premi yang lebih murah.

Asuransi Kebakaran rumah

Saking banyaknya agen asuransi, terkadang membuat Anda merasa binggung pada saat memilihnya. Berikut ini adalah tips memilih agen jasa asuransi kebakaran yang tepat, yaitu :

1. Lihat rekam jejak agen asuransi

Kecanggihan teknologi pada saat bisa membuat segala macam hal menjadi lebih mudah termasuk mempermudah operasional perusahaan asuransi. Selain itu, Anda juga dapat menemukan dengan cepat, perusahaan asuransi yang tepat untuk Anda.
Supaya tidak mendapatkan agen asuransi abal-abal, maka Anda harus melihat rekam jejak dari agen tersebut. Anda bisa mencari informasi melalui website atau teman yang pernah menggunakan jasa asuransi tersebut. Pastikan jasa asuransi tersebut sudah legal dan termasuk dalam pengawasan OJK.

2. Pahamilah isi dokumen polis

Membaca dokumen polis memjadi salah satu hal jarang dilakukan oleh para calon penerima asuransi. Padahal ini sangat pentimng karena terkait dengan hak dan kewajiban sebagai tertanggung. Jadi, Anda harus memerikss dengan detail tiap kebijakan polis yang dituliskam. Bagian yang harus Anda perhatikan adalah bagian iktirsar yang berisi berupa pernyataan 3-5 lembar.

3. Punya prosedur klain yang jelas dan transparan

Selain polis, Anda juga harus memperhatikan prosedur klaim., setiap perusahaan asuransi yang baik akam menyediakan langkah klaim asuransi yang jelas dan lebih terstruktur.

Pada umumnya, klaim ini dilakukan dengan cara melakukan pengisian formulir permohonan. Jika Anda dianggap memenuhi persyaratan, maka formulir akan mendapatkan persetujuan. Sebaliknya jika tidak memenuhi syarat, maka Anda harus mengulangi permohonan pengajuan asuransi.

4. Membandingkan nilai pertanggungan dan Premi yang nantinya akan dibayarkan

Nilai pertanggungan merupakan sebuah uang yang akan diterima setelah melakukan pengajuan klaim dan disetujui. Sementara itu, premi adalah jumlah uang yang akam di setorkan tiap bulannya. Premi ini menjadi bukti keikutsertaan Anda dalam program asuransi.

Asuransi Kebakaran dan Asuransi Properti Apa Beda

Pada saat memilih program asuransi ini, maka pastikan nilai pertanggungan yang akan Anda peroleh seimbang dengan premi. Jangan sampao jumlah premi besar tapi nominal uang pertanggungan kecil.

5. Piulih produk sesuai dengan yang dibutuhkan

Sebelum memilih asuransi, Anda harus menentukan terlebih dahulu produk asuransi apa yang tepat untuk anda, Misalnya saja asuransi kebakaran. Selain itu, Anda juga harus memperhatikan kompensasimya. Perhatikan bentuk konpensasi yang ditawarkan berupa uamg tunai yang diberikan satu kali atau bertahap.

Itulah tadi, beberapa tips mengenai bagaimana cara memilih jasa asuransi yang tepat yang mesti Anda perhatikan mulai sekarang. Tidak ada salahnya jika yang memiliki asuransi meskipun lingkungan hunia aman. Salah jenis asuransi yang bisa Anda pilih adalah asuransi kebakaran. Jenis asuransi ini samgat penting khususnya bagi Anda yang tinggal di kawasan padat penduduk atau dekat area industri yang mana sangat rentan terhadap becana kebakaran.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *