5 Tips Ampuh Cara Berternak Lele di Kolam Terpal, Sudah Tahu?

5 Tips Ampuh Cara Berternak Lele di Kolam Terpal, Sudah Tahu itu

Lele merupakan salah satu jenis ikan yang memiliki banyak peminat. Selain harganya yang terjangkau, lele juga memiliki kandungan gizi yang cukup tinggi. Tak heran jika banyak tempat makan yang menyediakan lele sebagai menu makanan. Beternak lele merupakan peluang usaha yang cukup menguntungkan karena konsumsinya yang cukup tinggi. Selain menggunakan kolam tanah, ternyata lele bisa budidayakan di kolam terpal. Bagaimana cara berternak lele di kolam terpal? Yuk simak ulasan di bawah ini.

Tips budidaya Ikan Lele di Kolam Terpal

1. Menyediakan Media Kolam Terpal

Bersihkan kolam menggunakan sabun atau anti septik, kemudian bilas dan keringkan. Selanjutnya, bentangkan terpal menggunakan besi agar terpal bisa tegak. Kolam yang sudah siap dapat diisi dengan air setinggi 20-30 cm. Untuk menumbuhkan pakan alami, biarkan air selama seminggu. Kemudian, tambahkan air hingga mencapai 90 cm. Masukkan daun singkong atau pepaya yang telah dipotong untuk mengurangi bau kolam.

5 Tips Ampuh Cara Berternak Lele di Kolam Terpal, Sudah Tahu

2. Memilih Benih yang Unggul

Pemilihan benih merupakan salah faktor yang menentukan keberhasilan budiaya ikan lele. Bibit lele yang tidak sehat akan mengalami pertumbuhan yang lambat dan rawan mati. Agar tidak rugi, pilihlah benih lele yang sehat dan unggul. Benih lele yang bagus biasanya memiliki pergerakan yang lincah dan agresif serta memiliki warna yang lebih terang. Selain itu, ukuran tubuh dan kepala yang seimbang menandakan bibit tersebut berkualitas. Benih yang tidak sehat biasanya menggantung saat di air.

3. Cara Melakukan Penebaran Bibit

Sebelum melakukan penebaran bibit, sebaiknya lakukan grading. Grading adalah pemisahan lele berdasarkan ukuran tertentu. Hal ini bertujuan agar lele yang besar tidak memakan lele yang kecil. Penebaran bibit dilakukan dengan memasukkan ember yang berisi bibit lele ke dalam kolam secara perlahan. Kemudian biarkan bibit – bibit tersebut keluar dari ember dengan sendirinya. Jangan memindahkannya secara langsung agar benih tidak stres. Penebaran benih sebaiknya dilakukan di pagi pagi hari atau malam hari.

4. Pemeliharaan Ikan Lele di Kolam Terpal

Cara berternak lele di kolam terpal di lakukan dengan menjaga kualitas air dan waktu pemberian pakan yang tepat. Kuliatas air yang bagus di tandai dengan warna hijau pada air kolam. Usahakan kolam memiliki tinggi air sekitar 20 cm pada bulan pertama, 40 cm pada bulan kedua dan 80 cm pada bulan ketiga. Berikan pakan pada pagi hari yaitu sekitar jam 7 pagi, jam 5 sore dan jam 10 malam. Setelah ikan berumur 20 hari, pisahkan ikan yang berukuran besar dengan yang berukuran kecil.

5 Tips Ampuh Cara Berternak Lele di Kolam Terpal, Sudah Tahu aja

5. Memanen Ikan Lele Saat Berusia 3 Bulan

Ikan dipanen setelah dipelihara selama 3 bulan yang di tandai dengan warna air kolam yang menjadi merah. Surutkan air kolam terlebih dahulu hingga tersisa ikan lele yang ada di kolam. Kemudian ambil ikan lele menggunakan jaring. Selanjutnya, pindahkan lele pada wadah tampungan yang lebih luas hingga lele yang ada di kolam tidak tersisa. Tambahkan air dan anti biotik agar lele tidak cepat mati saat dibawa ke konsumen.

Budidaya ikan lele merupakan bisnis yang menjanjikan. Permintaan pasar yang cukup tinggi membuat bisnis ini memiliki keuntungan yang cukup banyak. Apalagi lele merupakan jenis ikan yang mudah dibudidayakan sehingga tidak kekusahan dalam menjaga kualitas air kolam. Selain itu, benih ikan lele juga mudah dan murah didapatkan. 5 tips di atas sangat bermanfaat bagi anda yang ingin memulai bisnis ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *