5 Penyakit Lain Yang Pernah Menjadi Pandemi Selain Covid-19

Penyakit Lain HIV

Meski virus Covid-19 tersebut telah membuat keadaan darurat ke level tinggi, namun organisasi kesehatan dunia atau WHO telah menyatakan bahwa pandemi Covid-19 bukan menjadi pandemi yang pertama kali muncul menyerang manusia. Jauh sebelum virus Corona ada, terdapat beberapa penyakit yang serupa dengan Covid-19. Berikut beberapa penyakit lain yang pernah menggemparkan dunia.

Penyakit Yang Pernah Jadi Pandemi

1. Kolera

Pandemi kolera pertama kali menyerang daerah Jessore, India dan menyebar ke sebagian besar wilayah lalu merambat ke negara tetangga. Pandemi ini juga menewaskan jutaan penduduk dari beberapa negara yang terdampak. Seorang dokter yang bernama John Snow asal Inggris ini menemukan berbagai hal tentang bagaimana cara mencegah penyebaran kolera ini.

Penyakit Lain kolera

Pada tahun 1854, John Snow membendung wabah dengan mengisolasi sumbernya ke pompa air tertentu di lingkungan Soho London. Menurut WHO kolera disebut sebagai pandemi yang terlupakan dan mengatakan bahwa wabah ketujuh yang dimulai pada 1961 ini ternyata masih berlanjut hingga sekarang. Kolera dilaporkan telah menginfeksi 1,3 juta hingga 4 juta orang setiap tahunnya.

2. H3N2 Atau hong Kong Flu

Hong Kong Flu telah menelan korban jiwa kurang lebih mencapai 1 juta jiwa dan 100.000 jiwa berada di Amerika Serikat. Pandemi flu ini terjadi pada awal tahun 1968 yang disebabkan oleh H3N2 yang merupakan virus dari Influenza A. Dari kasus pertama yang dilaporkan, Hong Kong hanya butuh waktu 17 hari sebelum wabah virus dilaporkan di Singapura dan Vietnam. Kemudian tiga bulan kemudian menyebar luas ke beberapa negara lainnya.

3. SARS

Penyakit lain yang menjadi pandemi selain Covid-19 adalah SARS yang merupakan sindrom pernapasan akut yang parah. Penyakit ini disebabkan oleh salah satu dari ketujuh Coronavirus yang dapat menginfeksi manusia. Wabah ini berasal dari provinsi Guangdong China dan menjadi pandemi global pada tahun 2003. Hal tersebut dikarenakan virus ini sangat cepat menyebar hingga ke 26 negara di dunia dan menginfeksi kurang lebih 8000 jiwa.

Korban orang yang meninggal akibat dari kasus ini diperkirakan mencapai 744 orang. Wabah SARS meningkatkan kesadaran seluruh masyarakat tentang pencegahan penularan penyakit virus khususnya di Hong Kong. Setelah masyarakat banyak yang sadar tentang pencegahan penularan virus ini, kasus SARS di dunia juga perlahan mulai menurun dan sampai hari ini belum ada lagi kasus dari virus tersebut.

4. Ebola

Diantara beberapa pandemi lain, virus ebola sangat terbatas jangkauannya namun tetap menjadi penyakit yang mematikan. Kasus pertama virus ebola ini ditemukan di sebuah desa kecil di Guinea pada tahun 2014, kemudian menyebar ke beberapa negara tetangga di Afrika Barat. Virus ini telah membunuh 11.325 dari 28.600 orang yang terinfeksi. Sebagian besar kasus ini terjadi di Guinea, Liberia, dan Sierra leone.

Penyakit Lain kolera ebola

5. HIV / AIDS

Jenis virus satu ini merupakan salah satu virus yang menyebabkan AIDS atau Acquired Immune Deficiency Syndrom. Total jumlah orang meninggal yang disebabkan oleh virus ini adalah 36 juta jiwa di seluruh dunia. Kasus pertama ditemukan di Republik Demokratik Kongo pada tahun 1920. Wabah ini telah menewaskan 36 juta jiwa sejak tahun 1981 dan hingga saat ini ada 75 juta orang yang hidup dengan HIV.

Itulah beberapa penyakit yang pernah menjadi wabah di dunia selain Covid-19 dan sempat menggemparkan dunia. Rata-rata virus tersebut berasal dari hewan dan dua virus diantaranya berasal dari negara China. Meskipun beberapa pandemi di atas telah terjadi beberapa tahun lalu, namun anda juga tetap perlu waspada pada virus tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *