5 Inovasi Marketing Di Era Digital yang Wajib Diketahui

Inovasi Marketing ini adalah

Era digital adalah kondisi dengan teknologi muncul dan eksis untuk menyebarkan informasi dengan sangat cepat. Teknologi dengan jaringan internet yang melengkapinya memudahkan segala aktivitas manusia, mulai dari memperoleh informasi, mendapatkan hiburan, hingga memenuhi kebutuhannya. Dengan perkembangan teknologi yang sangat cepat ini dapat menguntungkan pebisnis untuk melakukan pemasaran produknya. Berikut ulasan tentang inovasi marketing di era digital.

Inovasi Strategi Pemasaran dengan Perkembangan Zaman

1. Menciptakan Produk Bersama dengan Pelanggan

Pelanggan merupakan konsumen yang akan membeli atau menikmati produk yang dipasarkan oleh penjual. Akan tetapi fungsi pelanggan tidak hanya sebatas itu. Pelanggan merupakan pembuat konten atau pembuat inovasi, yang mana dapat menjadi inspirasi untuk mengembangkan produk yang disediakan atau ditawarkan seorang pebisnis. Pebisnis perlu memenuhi kenginan pelanggan sehingga produknya akan laris dipasaran.

Inovasi Marketing itu medsos

Dikatakan bahwa pelanggan merupakan pembuat kontan benar adanya. Pelanggan memiliki keinginan yang berbeda-beda, sehingga pebisnis perlu mengadakan riset untuk mengidentifikasi produk yang cocok untuk menjawab seluruh aspirasi pelanggannya. Oleh karena itu, pebisnis perlu bekerja sama dengan pelanggannya untuk membuat sebuah inovasi. Kemudian produk yang dipasarkan dapat bersaing di pasaran dengan competitor dengan pangsa pasar yang sama.

2. Memperlakukan Anggota Tim sebagai Orang Penting

Bisnis tidak dapat selalu bergantung dengan media promosi yang berbayar atau kepada public relation saja. Bagaimana cara untuk menjaga bisnis anda tetap stabil dan cenderung meningkat dalam penjualan produk ? Pebisnis perlu memiliki media baru yang dapat menginspirasi dan menyalurkan inovasi kepada banyak orang, seperti karyawan, mitra, atau pelanggan. Dengan menggunakan ketiganya, pebisnis dapat meningkatkan penjualan.

3. Meningkatkan Kepercayaan Pelanggan

Untuk meningkatkan penjualan dapat menggunakan pengalaman pelanggan selama melakukan proses transaksi dengan bisnis terkait. Pelanggan perlu diberikan layanan yang terbaik, mulai dari proses pembelian yang tidak menyulitkan, kualitas produk yang ditawarkan, dan hubungan pelanggan dan pebisnis yang terus terjalin baik. Melalui ketiga hal ini, pelangan akan sangat puas sehingga dapat menjadi pelanggan setia hingga dapat membantu memasarkan bisnis terkait.

4. Mengukur Keberhasilan Pemasaran

Sebelum adanya revolusi digital, keberhasilan pemasaran dapat diukur dari anggaran dan prestasi yang diperoleh. Sebuah strategi pemasaran untuk bisnis dinilai berhasil setelah mendapatkan penghargaan inovasi. Akan tetapi, pebisnis dapat mengukur ketepatan strategi pemasaran dengan inovasi baru yang dijalankan dengan bantuan teknologi. Contoh media yang digunakan yaitu platform media sosial, web yang dikelola dengan baik, ataupun media lainnya.

 Inovasi Marketing Di Era Digital

5. Kombinasi Interaksi Online dan Offline

Kemudahan yang ditawarkan oleh perkembangan teknologi memudahkan pebisnis untuk melebarkan sayap bisnisnya, yaitu dengan cara pemasaran melalui media sosial. Media sosial merupakan sarana yang efektif karena setiap orang setidaknya memiliki satu akun. Pebisnis dapat memasarkan produk atau brandnya sesuai target pelanggan, melalui salah satu platform yang biasa mereka pakai.

Pemasaran melalui media sosial berarti terjadinya interaksi online antara pebisnis dengan pelanggan, sementara interaksi offline bukan berarti tidak efektif untuk memasarkan sebuah produk. Di era digital ini, perlu mengkombinasikan interaksi manusia secara offline dan melalui pemasaran tradisional seperti iklan di radio atau tv. Pembeli yang puas dengan layanan atau produk seorang pebisnis, dapat merekomendasikan produk terkait ke komunitasnya secara online ataupun offline.

Bisnis yang memiliki produk unggul merupakan bisnis yang menjanjikan dan dapat dipastikan kestabilannya. Akan tetapi jika tidak ditunjang dengan strategi pemasaran yang baik, tentu akan tenggelam dibanding dengan kompetitor dengan pangsa pasar serupa. Selain itu, pebisnis memerlukan sebuah inovasi untuk memasarkan produk yang dimilikinya untuk menarik pelanggan semakin luas. Sudahkan memutuskan untuk memulai sebuah bisnis dengan inovasi tersebut?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *