5 Hal yang Perlu Anda Lakukan Sebelum Memasang Internet Rumah

Sebelum Memasang Internet Rumah IndiHome Pilihan Tepat sebagai Provider

Diera digital ini kebutuhan internet makin meningkat seiring dengan perkembangan teknologi dan tuntutan kebutuhan manusia. Hampir seluruh aktivitas masyarakat saat ini dilakukan secara online atau berbasis digital. Oleh karena itu, kesediaan internet saat ini menjadi kebutuhan primer bagi tiap orang. Apalagi kondisi pandemi seperti ini mengharuskan anda memiliki internet rumah agar tetap bisa bekerja atau beraktivitas dari rumah. Nah, Inilah tips-tips yang perlu anda ketahui apabila anda berencana menyediakan internet rumah di hunian anda :

1. Riset Daerah Anda

Meskipun internet di Indonesia sudah berkembang cukup pesat, namun anda perlu tahu bahwa tidak semua layanan provider bisa menjangkau seluruh daerah di Indonesia. Hal ini mengharuskan anda untuk memastikan terlebih dahulu, apakah daerah anda sudah bisa menjangkau layanan internet atau belum. Ada beberapa daerah yang sudah terjangkau internet, namun hanya bisa menjangkau internet 3G. Ada daerah yang bisa menjangkau internet 4G. Oleh karena itu, pastikan anda mengetahui kemampuan daerah anda dalam menjangkau layanan internet.

2. Sesuaikan Dengan Kebutuhan Anda

Setiap layanan internet memiliki kecepatan jaringan yang berbeda. Harga setiap layanan internet juga berbeda tergantung dengan kualitas jaringan atau signal yang dihasilkan. Oleh karena itu, agar anda bisa menghemat pengeluaran layanan internet, terlebih dahulu anda harus mengetahui kebutuhan anda akan internet tersebut. Jika tidak terlalu membutuhkan internet yang memiliki kecepatan jaringan tinggi, anda bisa memilih internet dengan kualitas biasa saja. Semisal anda hanya membutuhkan internet rumah untuk mencari referensi website di internet, maka anda tidak perlu memasang layanan internet yang berkualitas tinggi. Berbeda apabila anda dituntut untuk melakukan online meeting yang tentu saja mengharuskan anda memiliki jaringan internet rumah yang cepat dan stabil. Dengan begitu budget yang anda keluarkan bisa teraloksikan dengan efisien.

3. Riset Harga

Setiap layanan internet tentu saja memiliki harga yang berbeda-beda tergantung dengan kecepatan dan kualitas jaringan yang dihasilkan. Oleh karena itu, lebih baik terlebih dahulu anda riset harga tiap provider dan membandingkan harga dan kualitas layanannya. Dengan begitu, anda memiliki banyak opsi dan alternatif pilihan untuk memasang layanan internet yang sesuai dengan kebutuhan dan budget anda.

4. Memiliki Modem Yang Pas

Pilihan ini dapat anda pakai, apabila anda tidak terlalu sering menggunakan internet. Berbeda dengan wifi yang menuntut bayaran per bulan, modem hanya perlu menyediakan kartu provider, yang hanya perlu mengisi ketika kuota didalamnya habis. Hal ini akan memudahkan anda untuk menggunakan modem secara lebih efisien. Sehingga jika anda tidak menggunakannya anda bisa mencopotnya dan menon-aktifkannya.

5. Memasang Wifi

Berbeda dengan modem yang bisa di non aktifkan sewaktu-waktu, wifi merupakan jaringan provider yang akan menyala sepanjang waktu. Wifi juga memiliki jaringan internet yang lebih cepat dan stabil. Oleh karena itu, apabila pekerjaan anda atau kebutuhan internet anda sangat masif dan banyak, lebih baik anda menggunakan provider internet berupa wifi dari pada modem. Memang secara harga, wifi lebih mahal dari pada modem. Namun, wifi lebih bisa dipastikan memiliki jaringan internet yang stabil.

Itulah beberapa hal yang perlu anda perhatikan sebelum memasang internet rumah. Anda harus memastikan kebutuhan anda, kondisi daerah anda, dan provider seperti apa yang anda butuhkan. Dengan begitu anda dapat memilih provider internet rumah yang sesuai dengan budget dan kebutuhan anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *