5 Cara Menjaga Sistem Imun Agar Tubuh Lebih Sehat

CARA MENJAGA SISTEM IMUN TETAP SEHAT LAWAN CORONA

Pada musim yang tidak menentu, tentu saja menjaga sistem imun merupakan hal yang wajib untuk dilakukan. Dengan memiliki tubuh yang sehat, maka akan menjadi salah satu cara untuk terhindar dari segala macam jenis penyakit. Untuk itu, bagi anda yang ingin menjaga daya tahan tubuh di setiap kondisi, maka ada beberapa cara yang bisa untuk anda lakukan. Selengkapnya, simak ulasan berikut ini.

Tips Untuk Menjaga Daya Tahan Tubuh Agar Tetap Fit

1. Dengan Menjauhi Lemak Jahat

Hal pertama yang bisa anda lakukan adalah dengan mengurangi berbagai makanan yang mengandung lemak jahat. Pasalnya, lemak sehat sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk meningkatkan respons dalam imun tubuh, diantaranya adalah untuk mengurangi peradangan. Hal ini dikarenakan ketika anda menderita peradangan kronis maka akan mampu untuk melemahkan daya tahan tubuh anda.

sistem imun tubuh hindari lemak jahat

Untuk itu, ada banyak sekali lemak sehat yang bisa anda konsumsi. Diantaranya adalah seperti minyak zaitun dan juga ikan yang berlemak yakni salmon. Tak hanya itu saja, buah pun juga bisa anda jadikan salah satu makanan yang bisa dikonsumsi untuk mendapatkan lemak baik. Diantara buah yang mengandung lemak baik adalah alpukat yang mudah untuk anda temukan di manapun.

2. Dengan Berjemur di Bawah Sinar Matahari

Bagi anda yang memiliki waktu luang, maka anda pun bisa berjemur di bawah sinar matahari. Hal ini dikarenakan sinar matahari tersebut mampu untuk memberikan energi pada salah satu sel imun yakni sel T. Selain itu, dengan berjemur pada pagi hari juga bisa meningkatkan mood menjadi lebih baik. Untuk itu, anda pun sebaiknya mengalokasikan waktu sekitar 10 hingga 15 menit di pagi hari untuk berjemur.

3. Dengan Berhenti Merokok

Merokok memiliki banyak sekali dampak negatif dan tidak bermanfaat untuk tubuh. Pasalnya, merokok sering kali dikaitkan dengan berbagai macam penyakit sebut saja seperti kanker paru, penyakit paru, dan juga penyakit jantung koroner. Jika dikaitkan dengan sistem imun maka rokok pun juga bisa mengganggu berbagai sel imun. Diantaranya adalah sel CD4+, sel T-helper, sel limfosit T memori dan juga sel limfosit B.

4. Dengan Mengendalikan Stres

Hal lain yang perlu anda perhatikan di dalam menjaga imun tubuh adalah dengan mengendalikan stres. Pasalnya, stres dalam jangka yang panjang akan mampu untuk memicu tidak seimbangnya fungsi sel imun. Tak hanya itu saja, stres pun juga bisa untuk menimbulkan peradangan. Untuk itu, anda pun bisa melakukan berbagai cara untuk menghindari stres. Mulai dari liburan, bermediasi hingga berkumpul bersama teman dan keluarga.

sistem imun Tips Jaga Imunitas Tubuh agar Terhindar dari Penularan Virus dan Penyakit

5. Dengan Rutin Berolahraga

Studi di tahun 2015 pernah menyebutkan bahwa latihan yang cukup akan membantu untuk proses regenerasi sel imun. Selain itu, hal tersebut juga bisa membantu mengurangi peradangan yang ada di dalam tubuh. Ada beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk menjaga agar imun tetap sehat. Mulai dari latihan fisik yang cukup dan disesuaikan dengan kemampuan yang ada di dalam diri anda.

Selain kelima cara di atas, maka anda pun juga perlu untuk rutin mengonsumsi makanan yang bergizi. Ditambah pula, anda juga bisa konsumsi multivitamin, jika merasa tidak mendapatkan nutrisi dari makanan anda. Istirahat yang cukup pun juga bisa menjadi salah satu hal yang perlu anda perhatikan. Sehingga nantinya, anda pun akan bisa menjaga tubuh agar lebih sehat dan daya tahan tubuh akan tetap terjaga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *